Selasa, 23 Apr 2024

Rekam Jejak

Desember 2006

Berjejaring Diluar Ring

Sepanjang perjalanan, lebih banyak beraktifitas di lingkaran NU. Kini mencoba berjejaring diluar ring. Tetap mengambil ruang didunia jurnalistik, menjadi redaktur di Majalah Duta Cendikia yang diterbitkan oleh Dewan Pendidikan – Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Selain menggawangi majalah, bersama para guru terbaik dari Dinas Pendidikan dan Kemenag RI terlibat menjadi Pendamping Program DBE3 (Decentralized Basic Education) USAID sebuah program integrasi kecakapan hidup dalam pembelajaran hingga tahun 2008.

Desember 2005

Koordinator Bidang Kaderisasi PC GP Ansor Bojonegoro

Sejak tahun 2004 sudah mulai belajar di PC GP Ansor Bojonegoro. Sebagai penyiar di Radio Sahabat FM milik PC GP Ansor saat diketuai bapak Drs Muslih Fattah. Ansor sudah menjadi bagian dari jejak pengabdian saya di NU. Maka pada periodesasi berikutnya, saat Mas Moh. Zainudin Asyhari menjadi ketua PC GP Ansor, pengabdian di struktural PC GP Ansor Bojonegoro dimulai.

Desember 2004

Berhikmat di PW IPNU Jawa Timur

Perjalanan belajar berjuang dan bertaqwa terus berlanjut. Dari Ranting, PAC, PC lalu ke PW IPNU Jawa Timur . Menggawangi lembaga baru Student Crisis Center (SCC). Saat itu, bisa dikatakan baru kali ini ada kader IPNU Bojonegoro yang berhikmat hingga ke PW IPNU Jatim.

Alhamdulillah, jalan itu terus berlanjut oleh kader berikutnya. Bahkan kini kader IPNU Bojonegoro M. Fakhrul Irfan Syah telah menjadi ketua PW IPNU Jatim

Desember 2002

Jalan Terjal Menjadi Aktifis Sosial

Ghirah perjuangan sudah sedemikian mendarah daging di relung jiwa. Dan menjadi aktivis sosial adalah bagian dari ledakan semangat jiwa muda. Beruntung, tahun 2002, semangat itu mendapatkan ruangnya, bergabung di sebuah organisasi nirlaba, IDFoS. Sebuah lembaga yang bersuara kritis menegakkan keadilan dan kebenaran.

Di lembaga ini, kemampuan menulis dan berbicara semakin berkembang. Didapuk menjadi redaktur majalah Serunai dan host di radio IDFoS FM. Bertahan hingga tahun 2006. Hingga akhirnya berselancar ke ruang yang lebih banyak tantangan lagi. 

Februari 2002

Sekretaris PC PMII Kabupaten Bojonegoro

Selain aktif di IPNU, saya juga aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan pada tahun 2002 diamanati menjadi sekretaris PC PMII Bojonegoro Masa Bhakti 2002-2003.

Januari 2001

Sekretaris PC IPNU Kabupaten Bojonegoro

Alhamdulillah, setelah belajar dan berjuang di PAC IPNU Kepohbaru, diawal tahun 2001 diberikan amanat baru sebagai sekretaris PC IPNU Kabupaten Bojonegoro masa hikmat 2001-2003. Kepengurusan peiode ini adalah periode paling bersejarah di PC IPNU Bojonegoro.

November 1998

Berhikmat di PAC IPNU Kepohbaru

Paska Reformasi 1998, bersamaan dengan didirikannya PKB sebagai partai NU. Geliat organisasi di NU bertumbuh. Meski masih lambat, tetapi Konferensi Periodik, istilah reorganisasi di tingkat MWC NU sudah berjalan. Dari Ranting IPNU kini berhikmat bersama kader se kecamatan di PAC IPNU Kepohbaru.

Maret 1997

Bersemai di PR IPNU dan Ansor Mudung

Tahun 1997, sebelum reformasi meledak. Alm. Abdul Hadi, sepupu saya, seorang tokoh muda NU desa Mudung mengajak untuk berkumpul di IPNU sekaligus di Ansor. Zaman dimana pergerakan organisasi NU masih sangat lambat di tingkat bawah. Reorganisasi kepengurusan masih apa adanya. Maka berhikmat di IPNU dan Ansor dapat dilakukan bersama-sama. Namun, karena kegigihan beliau, Ansor ranting sudah lewat usaha internal dapat membeli traktor.

Agustus 1993

Anggota GENESIS, Generasi Islam Santren

Tahun 1993. Kelas 2 SMA. Inilah awal perkenalan dengan organisasi. Sebuah komunitas anak pondok yang suka bermain diluar. Zaman itu adalah zaman rock dan metal. Semua anak muda waktu adalah penggemar musik rock. Zaman Mettalica, Led Zeppelin, Power Metal, Grass Rock dan lain-lain. Maka tak heran, komunitas kamipun mengambil nama grup musik rock asal Inggris dan membesarkan nama Phill Collin Genesis. Bersama genesis versi pesantren, kami mengenal organisasi dan bermasyarakat.