Selasa, 23 Apr 2024

Membangun Jaringan Bisnis Wirausaha & Agribisnis Untuk Pengusaha dan Petani Milenial

2 minutes reading

PROGRAM PRIORITAS 3

Bisnis pertanian bukanlah bisnis sisa, bukan bisnis yang terpaksa dilakukan karena tidak mampu melakukan hal lainnya. Akan tetapi justru bisnis pertanian adalah bisnis masa depan, bisnis yang tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Meski hari ini yang terjadi adalah, banyak sekali Generasi Milenial atau Generasi Z yang tidak mau menggeluti sektor pertanian dan bisnis pertanian. Sederhananya, kalau generasi uda tidak mau terjun di sektor ini, siapa yang akan memberi makan generasi yang akan datang.

Kondisi ini tidak bisa dipungkiri, hingga hari ini sektor pertanian masih sangat tidak menarik. Baik oleh generasi tua, apalagi generasi milenieal. Tidak ada ada yang keren dari dunia pertanian. Bahkan, bisa jadi generasi yang lahir dalam lima tahun terakhir tidak tahu bahwa beras yang kita makan adalah hasil dari olahan sawah dan pergelutan dengan panas dan hujan para petani kita.

Untuk itu, saya bertekad, dengan kewenangan yang dimiliki akan mendorong generasi milenial melalui program-program untuk terjun ke bisnis pertanian dengan cara baru yang lebih efektif dan efisien. Membuka akses pasar komoditas pertanian dan meningkatkan kemampuan pemasaran hasil pertanian.

Kita bisa, jika kita mau belajar dan yakin itu bisa. Banyak kisah sukses ditempat lain, para anak muda yang sukses dibidang pertanian. Mulai hulu hingga hilir. Banyak aplikasi komoditas pertanian yang dijalankan oleh anak muda dan berhasil menjadi perusahaan digital pertanian.

Hanya saja, selama ini memang fasilitas ke arah itu tidak bannyak dilakukan. Oleh karena itu saya bertekad jika terpilih nanti, akan berupaya membangun jalan ke dunia baru pertanian dan wirausaha lainnya untuk anak muda di wilayah Kepohbaru Baureno dan Kanor.

Tiga kecamatan kita yang berada di pintu masuk dari Surabaya ini harus dikelola secara maksimal. Menjadi ikon baru pertumbuhan ekonomi. Dan saya yakin para generasi muda dengan pola pikir baru mampu melakukan hal ini.