Selasa, 23 Apr 2024

Rencana Pembangunan Waduk Pejok Masih Tertunda

2 minutes reading
21 Nov 2023

Kepohbaru_ Area wilayah kecamatan Kepohbaru dan Baureno dan beberapa kecamatan di wilayah timur dan selatan Bojonegoro, menjadi daerah terdampak kekeringan tertinggi.

Potensi ancaman kekeringan selalu menjadi agenda tahunan sejak dulu hingga kini. Sehingga, warga menantikan solusi jangka panjang. Salah satunya rencana pembangunan waduk Pejok di bagian Bojonegoro timur tersebut.

Sejak awal tahun 2021, bupati Bojonegoro Anna Muawanah telah mencanangkan pembangunan waduk Pejok sebagai akses utama sumber daya air untuk wilayah timur Bojonegoro. Lahan seluas 231.20 Ha. 85,69 Ha diwilayah kecamatan kepohbaru dan kedungadem Bojonegoro serta 145, 51 Ha di wilayah kecamatan Bluluk Lamongan sudah disiapkan

Dikutip dari radarbojonegoro.com, realisasi pembangunan yang rencananya bakal dimulai tahun ini, harus tertunda. Karena hingga kemarin (13/11), masyarakat belum melihat adanya pengerjaan di sekitar lokasi waduk di Kecamatan Kepohbaru itu.

Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) memastikan bahwa Waduk Pejok sebagai antisipasi air hujan dan pengairan pertanian di wilayah Bojonegoro bagian timur dan selatan.

Namun, pembangunannya sempat mengalami kendala teknis. ‘’Sementara masih dalam proses perencanaan,” ungkapnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro Heri Widodo.

“Inilah salahsatu alasan saya mencalonkan diri menjadi Caleg DPRD Bojonegoro. Saya akan mengawal sampai tuntas pembangunan waduk pejok ini. Karena saya orang sini, tahu persis dan merasakan langsung sulitnya pertanian berkembang diwilayah ini”.

AMROZI SH, Caleg PKB Dapil III No. Urut 5

Kepala Desa Pejok, Kecamatan Kepohbaru Guntur Priyanto mengatakan, belum ada informasi terkait kapan akan dibangun, meski sebelumnya sempat akan dilakukan tahun ini.

Namun, hingga kemarin belum nampak adanya pengerjaan di area lokasi.

“Sudah beberapa kali dari konsultan yang melakukan survei, sudah puluhan kali ke sini,” ungkapnya.

Sebelumnya, anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro Sigit Kushariyanto mengatakan, bahwa melalui pembangunan Waduk Pejok dapat memberikan manfaat bagi masyarakat wilayah Timur Bojonegoro.

‘’Distribusi air dari Waduk Pacal atau Gongseng tidak sampai ke sana,” ungkapnya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *